TIPS PENGHAFAL QURAN 2



Bismillahirrohmanirohiim

Setelah kita membahas tentang hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menghafal Qur'an, pada kesempatan ini kita membahas poin-poin penting saat menghafal.

    Perlu diingat, ini tidak wajib😁. gak masalah kalau kalian merasa tidak perlu dan tidak mempraktekkan poin-poin ini pada saat kalian menghafal. Kita hanya berusaha menjelaskan, berdasarkan pengalaman dan pelajaran yang ada. Kalau ingin mencoba, silahkan. Kalau tidak, juga tidak masalah.
Oke, langsung aja :

1.Memakai satu Mushaf
 
          Usahakan selama kita menghafal kita hanya menggunakan satu mushaf saja. Dari awal menghafal hingga selesai 30 juz. Hal ini sangat memudahkan kita dalam menghafal Qur'an.contoh: kita menghafal dan dari awal membaca sudah salah. Kita tidak akan sadar sampai hafalan tersebut kita setorkan. Nah, setelah mengetahui kesalahan kita, kita beri tanda agar tidak salah lagi saat murojaah. Kalau mushaf nya ganti-ganti, kita tidak akan tau kesalahan kita kemarin. Dan kemungkinan, hafalan kita akan salah terus sampai tua.
Kalau susah? mungkin kita sering lupa taruh mushaf? minimal selama kita menghafal, gunakan mushaf yang satu jenis dengan milik kita. Ada beberapa mushaf yang tersebar di indonesia, yaitu:


  • Alquran Madinah 

Quran ini banyak di Indonesia, terdiri dari 15 baris. Biasanya berwarna hijau atau biru tua
  • Alquran saudi



Ini juga dari madinah sih, tapi letak ayatnya beda sedikit sama yang diatas, 15 baris, dan ini lebih banyak digunakan dipondok-pondok untuk menghafal.

  • Alquran indonesia 



 Ini dia, quran standar tanah air. Kita akan banyak temukan ini dimasjid-masjid terdekat, tapi dia memang berbeda sendiri, tulisannya juga besar besar, terkadang kertasnya pun kurang bagus. Kalau saran dari kita, jangan menggunakan quran yang ini untuk menghafal.Tapi up to you sih.



2.Cari guru yang berkompeten
 
      Bisa saja kita mengahafal Qur'an sendiri tanpa guru. Tapi hafalan kita tidak akan sebaik mereka yang menghafal dengan guru. Kenapa? Karena guru akan membenarkan kesalahan bacaan yang tidak kita sadari. Guru juga akan mengajarkan kita  membaca dengan benar. Kalau kita mengahafal mandiri, dan bacaan kita salah, akan susah mengubah kesalahan kita yang sudah diluar kepala bersama hafalannya.
Tidak menemukan guru? cari teman yang hafalannya banyak. Tidak ada juga? biarkan orang mendengarkan hafalan kita dan dia melihat pada mushaf. Itu akan membantu kualitas hafalan kita juga. Yang penting? SETORAN.


3.Pilih waktu yang tepat

         Cari waktu kosong terlebih dahulu, kemudian mencari waktu menghafal yang sesuai.
Biasanya menghafal akan mudah, setelah bangun tidur (siang ataupun malam). Waktu subuh misal, pikiran fresh, hafalan pun akan sangat mudah.
         Buat jadwal. Ini juga penting. Buat jadwal tertulis, misal : 

Ba'da subuh menghafal hafalan baru.
Ba'da asar hafalan lama.
Ba'da maghrib persiapan hafalan baru.

Tempelkan jadwal tersebut ditempat yang selalu terlihat. Usahakan konsisten dengan jadwal tersebut.
         Jangan lupa, ada waktu kosong, baca alquran, bawa mushaf kemana-mana. Gunakan waktu yang ada dengan sebaik mungkin.

Pada artikel berikutnya, kita akan membahas metode metode menghafal Qu'ran. In sya Allah. see you

semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar