Potensi Dakwah



Dakwah diIndonesia harus berkembang. 

Indonesia kurang apa? 
Penduduk mayoritas beragama ISLAM. Masijd dimana-mana. Tidak ada larangan berdakwah. Kita bebas ceramah, pengajian, dan lain-lain. Kaum muda-mudi yang semangat dalam menyebarkan islam juga tidak sedikit. Memang ada beberapa hambatan dan rintangan, tapi seharusnya tidak mengggoyahkan semangat juang dakwah dong.

Yang sangat disayangkan, banyak sekali para da'i (para pemuda umumnya, yang mereka sangat bersemangat) yang salah dalam memahami agama kita. Salah dalam memaknai apa arti islam sesungguhnya.  mereka semangat menyorakkan suara dakwah, padahal mereka tidak merasa kalau dirinya sudah sesat dan menyesatkan orang lain. Berdakwah tanpa ilmu yang mendalam. Sedikit hafal dalil, mengambil istidlalnya pun salah. Semoga Allah menjauhkan kita dari kesesatan dan bid'ah dalam agama.

Sebenarnya, banyak juga para pemuda dan generasi islam yang sudah benar dalam memahami agama islam. Hafal dalil, banyak mengikuti pengajian, berhati-hati dalam berdakwah dari berbicara tanpa ilmu , jauh dari kesesatan dan khurofat. Sayangnya, kebanyakan dari mereka belum bisa memaksimalkan potensi dakwah mereka.

Dakwah tidak harus monoton. Misalnya,



  • Menulis

Tidak harus menulis buku, atau majalah. Kita bisa menulis status di medsos, atau menulis diblog dengan gaya kita masing masing. Tidak harus panjang, Yang penting bermakna. Kalau kita bisa membuat buletin, atau artikel, itu lebih baik lagi.


  • Organisasi

Ikut saja dalam beberapa organisasi keagamaan, seperti Rohis dan sebagainya, Usahakan mengadakan pengajian, mungundang para ustadz, dan menyusun acara. Kalau tidak ada didaerah kamu, buat saja dengan tema-teman. Bisa megadakan TPA, atau bakti sosial. Yang penting bermanfaat buat masyarakat.


  • Public Speaking.

Ini sedang marak di masyarakat. Bagaimana cara berbicara yang menarik? Tidak membosankan? Itu memiliki tehnik sendiri. Kalau kamu sudah bisa atau pernah mengikuti seminar public speaking, harusnya mengambil andil yang cukup besar dalam penyebaran Dakwah di Indonesia dong.


  • Informasi Teknologi

Yang penyiar radio? Yang pandai desain grafis? Corel atau photoshop? Membuat aplikasi islami? Buat dakwah makin menarik untuk masyarakat ! buat poster, desain kaos, atau yang lainnya.

  • Jiwa Sosial
Yang memiliki jiwa sosial tinggi, suka berinteraksi dengan banyak orang, cobalah mengambil bagian. Sekali lagi, Dakwah tidak harus ceramah. Tunjukkan Akhlaq yang baik, beritahukan pada mereka keindahan islam yang sesungguhnya. Islam mengajarkan etika yang sangat baik. Bagaimana tidak? Semua aturan datang dari sang pencipta .



Ini beberapa cara dakwah yang bisa kita gunakan. Jangan tunggu diminta, Tapi kita yang menawarkan bantuan. Para penjahat saja tidak malu, masa kita yang menyebarkan kebaikan harus malu? 

Wahai para pemuda yang membara,
Para pemuda yang mampu menggoncankan dunia.
Buatlah dunia terang dengan cahaya Islam.
Kehidupan yang lebih baik dengan Al-qur’an dan sunnah.

Kalau bukan kita, siapa lagi? Jangan mau kalah dengan para oknum yang berniat menghancurkan islam.
Dan Negara kita Indonesia.

Save Islam, Save Indonesia

1 komentar:

  1. berharap trus bisa berkontribusi utk islam kedepannya, bukan hanya diucapkan tapi dipraktikkan kedepannya

    BalasHapus