Keutamaan Masa Muda



  

 Masa muda adalah masa keemasan. Masa yang sangat berharga. Masa yang sangat indah. Pencarian jati diri, pengalaman, dan masa produktif. Bagaimana Islam melihat masa muda ini?

  Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Barzah Al-Aslami radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

لَا تَزُولُ قَدَمَا عَبْدٍ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ عُمُرِهِ فِيمَا أَفْنَاهُ ، وَعَنْ عِلْمِهِ فِيمَ فَعَلَ ، وَعَنْ مَالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيمَ أَنْفَقَهُ ، وَعَنْ جِسْمِهِ فِيمَ أَبْلَاهُ

“Tidaklah bergeser kedua kaki seorang hamba pada hari kiamat, sehingga ditanyakan tentang (4 perkara:) (Pertama,) tentang umurnya dihabiskan untuk apa. (Kedua,) tentang ilmunya diamalkan atau tidak. (Ketiga,) Tentang hartanya, dari mana dia peroleh dan ke mana dia habiskan. (Keempat,) tentang tubuhnya, capek / lelahnya untuk apa.”

 (HR Imam At-Tirmidzi dalam Sunan-nya dan Tirmidzi rahimahullah mengatakan hadits ini hasan shahih. Hadits ini juga diriwayatkan oleh Imam Ad-Darimi rahimahullah di dalam Sunan-nya, dan lainnya. Ada juga diriwayatkan dari sahabat Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu. Hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani rahimahullah dalam kitabnya, Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah.)

    Hadits Nabi mengandung sifat Jawaamiul kalim (kalimat singkat, padat makna). Akan tetapi,dihadits ini ketika Rosulullah menyebutkan “tentang umurnya”, maka hal itu seharusnya sudah mencakup “tentang masa mudanya”. Karena masa muda itu termasuk umur. Ini merupakan penegasan dari beliau,  Bahwasanya ‘Waktu muda’ adalah sesuatu yang istimewa



Bukti lain keistimewaan masa muda

  • Pemuda adalah salah satu golongan yang dijanjikan mendapatkan naungan Allah dihari kiamat, Di padang mahsyar. Pemuda yang seperti apa?


وَشَابٌّ نَشَأَ فِي عِبَادَةِ رَبِّهِ
  Pemuda yang tumbuh di atas kebiasaan ‘ibadah kepada Rabbnya.



  • DiAkhirat, Allah menjadikan semua ahli surga adalah pemuda. Tidak ada yang tua. Untuk apa? Untuk menyempurnakan kenikmatan mereka.Dengan umur yang masih muda, jiwa dan tubuh yang sehat, menjadikan mereka bisa lebih menikmati kesenangan mereka disurga.
 Allah ta’ala berfirman
انا انشانا هن انشاء. فجعلناهن ابكارا. عربا اترابا. لاصحاب اليمين.
Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung, dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan. Penuh cinta lagi sebaya umurnya. (Kami ciptakan mereka) untuk golongan kanan.” (Al-Waqi’ah: 35-38).


  • 4 Tahapan hidup manusia dalam Islam
الطفولة  (Masa anak-anak)          : 0- 14 tahun
الشباب   (Masa muda)                  :15 – 40 Tahun
القهولة      (Dewasa)                    : 41 – 50tahun
الشيوخة   (Masa Tua)                   : 50 – 60 tahun

Dan kita bisa melihat dari sini, bahwa masa muda merupakan 40 % dari umur manusia rata- rata, dan masa muda adalah masa aktif, masa- masa penuh tenaga, banyak waktu luang, dan harus selalu berkarya.

  • Dalam sejarah Nabi dan Rosul alaihimus salaam, golongan yang paling banyak menerima dakwah adalah para pemuda

فَمَا آمَنَ لِمُوسَىٰ إِلَّا ذُرِّيَّةٌ مِّن قَوْمِهِ عَلَىٰ خَوْفٍ مِّن فِرْعَوْنَ وَمَلَئِهِمْ أَن يَفْتِنَهُمْ ۚ وَإِنَّ فِرْعَوْنَ لَعَالٍ فِي الْأَرْضِ وَإِنَّهُ لَمِنَ الْمُسْرِفِينَ

Maka tidak ada yang beriman kepada Musa, melainkan pemuda-pemuda dari kaumnya (Musa) dalam keadaan takut bahwa Fir’aun dan pemuka-pemuka kaumnya akan menyiksa mereka. Sesungguhnya Fir’aun itu berbuat sewenang-wenang di muka bumi. Dan sesungguhnya dia termasuk orang-orang yang melampaui batas.” (yunus: 83)

Semoga bermanfaat,
 wabillahi waliyyut taufiq
wa shallalahu alaa nabiyyina muhammad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar